7 Pencurian Bagian Tubuh Paling Terkenal

Diposkan oleh On The Spot on Jumat, 30 Maret 2012

Sungguh membutuhkan suatu keberanian baik bagi sipencurinya ataupun sang kolektor untuk menyimpan “benda-benda” ini, ada yang dijual dan dijadikan suatu koleksi yang berharga. Berikut daftar sepuluh pencurian bagian tubuh paling terkenal di muka bumi:

1. Kepala Maori


Pekan lalu, Majelis Nasional Perancis memilih untuk mengembalikan kepala mumi dari 16 orang suku Maori dari berbagai museum kembali ke tanah air mereka di Selandia Baru. Dalam prakteknya Maori tradisional, sering mentato tulang tengkorak maori yang meninggal, itu disimpan sebagai benda keramat untuk menghormati semangat mereka. Tapi daya tarik era kolonial yang mengerikan menyebabkan perdagangan yang menguntungkan, dan banyak kepala suku Maori yang dibalsem dan dibawa ke Eropa di abad ke-19, di tato dan dipenggal secara paksa oleh oportunis lokal maupun asing.

Pada suatu waktu, lebih dari 500 kepala Maori mendekam di ruang bawah tanah museum Eropa, hanya dalam dua dekade terakhir pemerintah Selandia Baru meminta kepala-kepala tersebut dikembalikan kenegaranya. telah lebih dari 320 kepala telah dipulangkan. “Anda tidak membangun sebuah budaya pada perdagangan,” kata menteri kebudayaan Perancis, Frederic Mitterand, pada 5 Mei.

2. Tulang Santa Claus


Selama Abad Pertengahan, bagian tubuh orang suci menarik peziarah dari seluruh dunia. Salah satu yang paling terkenal adalah pencurian kerangka St. Nicholas, model untuk Santa Claus. dibuatnya menjadi tas dari tulang yang sangat berharga. Pada 1087, kota Italia Bari mempekerjakan orang – beberapa orang menyebut mereka bajak laut sementara yang lain merujuk kepada mereka sebagai “pelaut istimewa” – untuk mencuri St Nicholas dari Myra, sebuah kota di Turki saat ini. Pencurian tulang Santa masih dirayakan di Bari dengan parade tahunan dan kembang api.

3. Tengkorak Geronimo


Ini adalah nasib yang aneh bahwa tulang dari salah satu musuh Amerika yang paling menakutkan datang untuk menentukan salah satu lembaga paling suci akan kekuasaan. Panglima perang Apache Geronimo, meluncurkan serangan di Barat Daya dan menghindari pasukan AS dan Meksiko selama hampir tiga dekade sampai penangkapannya tahun 1886.

setelah kematiannya di pengasingan AS pada tahun 1909: Enam anggota Yale Skull and Bones sebuah organisasi rahasia, termasuk Prescott Bush, kakek dari Presiden George W. Bush, diduga menggali kuburan Geronimo.Sampai sekarang kuburannya masih misteri.

4. Jantung Boleyn


Henry VIII dari Inggris menceraikan istri pertamanya dan menikah dengan Anne Boleyn yang cerdas dan pintar. Tapi Henry, ia sangat mengharapkan pewaris laki-laki, pikirnya perkawinan itu terkutuk setelah Anne hanya melahirkan seorang putri dan beberapa kali keguguran. Raja menuduhnya berselingkuh dengan rakyat jelata dan bahkan saudara sendiri. Anne Boleyn segera ditangkap dan dipenggal kepalanya di Menara London pada 1536, dan legenda mengatakan bahwa atas perintah Raja Henry, hatinya diambil. Diduga, Henry diam-diam menyimpannya di peti mati berbentuk hati di sebuah ruangan kecil gereja di Suffolk, sampai ditemukan kembali pada 1836 dan dimakamkan kembali di bawah organ gereja.

5. Otak Benito Mussolini


Pada tahun 1966, dua puluh satu tahun setelah Benito Mussolini dihukum mati, Amerika memberikan bagian otak mantan diktator Italia kembali ke jandanya. Dalam buku harian Rachele Mussolini, ia menulis bahwa, dengan ngeri, dia menemukan Amerika telah “mengambil setengah dari otaknya,” menjelaskan bahwa Amerika harus memiliki “ingin tahu apa yang membuat diktator.” Ternyata pemerintah AS telah meminta sampel otak Il Duce yang tentu saja untuk mempelajarinya, tetapi juga sebagai piala mengerikan. Empat puluh tiga tahun kemudian, cucu Mussolini Alessandro melaporkan ke polisi bahwa ada orang yang menjual botol kaca diduga ada bagian otak yang tersisa dan darah Mussolini di eBay untuk dijual seharga 15.000 Euro. daftar ebay itu segera dihapus.

6. Penis Napoleon


Orang-orang telah terpaku pada penis Napoleon sejak dokter Napoleon diduga memotongnya selama otopsi pada tahun 1821 dan memberikannya kepada seorang imam di Corsica. Penis, yang tidak terpelihara dengan baik, telah disimpan selama bertahun-tahun sehingga menjadikannya mirip sepotong kulit yang keriput. sampai Pada tahun 1977, urologist yang tinggal di New Jersey membeli “peninggalan” itu sebesar $ 3.000 dan disimpan di bawah tempat tidurnya sampai ia meninggal 30 tahun kemudian. Putrinya mewarisi penis Napoleon dan telah melelangnya seharga $ 100.000.

7. Sisa-sisa Thomas Paine


Thomas Paine, salah satu orang terbesar dalam sejarah Amerika, seorang pahlawan revolusi Amerika dan Perancis dan diduga orang pertama yang menulis kata-kata “Amerika Serikat,” meninggal dalam keadaan sengsara di Manhattan. Hanya enam orang menghadiri pemakamannya, dan sajak kanak-kanak yang populer pada saat kematiannya pergi:

Poor Tom Paine! Di sana ia terbaring:
Tidak ada yang tertawa dan menangis tak seorang pun
Di mana dia telah pergi atau bagaimana ia dihargai
Tidak ada yang tahu dan tak ada yang peduli

Bahkan setelah kematiannya, Paine tidak bisa beristirahat dengan tenang. Beberapa puluh tahun kemudian, seorang wartawan William Cobbett , menggali makam kerangka tubuh Paine dan dikirim ke Inggris dimana dia berharap bisa membangun sebuah tugu peringatan yang tepat. Cobbett tidak bisa mengumpulkan uang yang diperlukan, sehingga Paine terlantar dalam koper di loteng. Setelah kematian Cobbett, Paine tetap menghilang. Legenda mengatakan bahwa tulang-tulangnya berubah menjadi tombol, walaupun pada tahun 1930-an, seorang wanita di Brighton mengklaim memiliki tulang rahangnya. Poor Tom Paine!