7 Perampokan dengan Jumlah Kerugian Terbesar dalam Sejarah

Diposkan oleh Fery Kurniawan on Rabu, 21 Desember 2011

Berikut adalah daftar dari perampokan-perampokan terbesar sepanjang sejarah, baik itu berupa bank job, pencurian lukisan seni, pembajakan kereta, dll.

1. Lufthansa (1978): US$ 5.8 Juta


Perampokan di Lufthansa pada tahun 1978 direncanakan oleh Jimmy Burke, seorang asosiasi keluarga kriminal Lucchese, dan ditemani oleh beberapa temannya. Semua itu berawal ketika seorang bandar judi, Martin Krugman, memberi tahu Henry Hill (kerabat dari Burke) mengenai jutaan dollar yang tidak terdeteksi. Sebulan sekali uang tersebut dibawa dan merupakan uang hasil penukaran turis-turis di Jerman Barat dan disimpan di dalam tempat penyimpanan uang di Kennedy Airport. Informasi tersebut berasal dari Louis Werner, pekerja airport yang berhutang kepada Krugman $20,000 dalam judi. Para perampok hanya menghabiskan 64 menit dan merupakan perampokan uang terbesar di Amerika pada saat itu.

2. Dunbar Armored (1997):US$18.9 Juta


Perampokan Dunbar merupakan perampokan uang terbesar di Amerika serikat. Hal itu terjadi pada tahun 1997 di Fasilitas Dunbar yang terproteksi dengan ketat di Los Angeles, California. Perampokan tersebut direncanakan oleh Allen Pace, yang bekerja untuk Dunbar sebagai inspektur keamanan regional, beserta 5 teman masa kecilnya pada 13 September 1997. Allen Pace ditangkap dan dipenjarakan selama 20 tahun. Hanya sedikit uang yang dikembalikan, kira-kira 10 juta dollar masih tetap tidak terlacak.

3. Brinks Mat warehouse (1983): US$ 45 Juta


Peristiwa perampokan emas Brinks Mat terjadi pada 26 November 1983 ketika 6 perampok menyusupi gudang Brinks Mat di Heathrow Airport, Inggris. Para perampok memperkirakan mereka hanya akan mencuri uang 3 juta pounsterling, tetapi saat mereka tiba, mereka menemukan 10 ton emas setara 26 juta poundsterling. Para perampok di bantu oleh security guard, Anthony Black, adalah kakak ipar dari sang mastermind, Brian Robinson, dan gang perampok tersebut diketuai oleh Michael McAvoy.

Robinson dan McAvoy dihukum 25 tahun penjara, sedangkan Black 6 tahun. 3 ton emas masih tidak terlacak. Dan setiap orang yang memakai perhiasan emas yang dibeli dari Inggris setelah 1983, kemungkinan adalah emas Brinks Mat.

4. Northern Bank (2004): Pegawai Bank Diancam Untuk Membantu Perampokan US$ 50 juta


Perampokan Northern Bank adalah sebuah perampokan uang yang besar di pusat Northern bank di Belfast, Northern Ireland. Para perampok mencuri 26,5 juta poundsterling pada 20 Desember 2004, dan membuatnya sebagai perampokan terbesar dalam sejarah Inggris.

Penasehat keuangan, Ted Cunningham, dari Cork ditemukan bersalah karena mencuci uang lebih dari 3 juta poundsterling yang terbukti berasal dari perampokan.

5. Banco Central in Brazil (2005): US$ 69.8 Juta


Pada weekend 6 dan 7 agustus 2005, sekelompok berandal yang diduga merupakan kelompok Gang of the Tattooed/Primeiro Comando da Capita, menggali lubang berlorong sampai ke Banco Central di Fortaleza. Peristiwa Perampokan masih belum diketahui sampai bank dibuka untuk bisnis pada hari senin paginya, 8 agustus.

Pada 22 oktober sang mastermind, Luis Fernando Ribeiro (26), ditangkap di Camanducaia 200 mil sebelah barat Rio Dejainero. 5 orang lainnya ditangkap pada 28 september dengan 5,4 juta dollar. Sejauh ini pihak yang berwajib telah menemukan 7 juta dollar, dan 63 juta dollar masih hilang.

6. Great Train Robbery (1963): US$ 74 juta


The Great Train Robbery adalah nama yang diberikan untuk sebuah perampokan kereta sebesar 2,3 juta poundsterling pada 8 agustus 1963 di Bridego Railway Bridge, Ledburn dekat Mentmore di Buckinghamshire, England.

Sebuah kelompok berisi 15 orang, yang diketuai Bruce Reynolds dan termasuk Ronnie Biggs, Charlie Wilson, Jimmy Hussey, John Wheater, Brian Field, Jimmy White, Tommy Wisbey, Gordon Goody dan Buster Edwards, mencuri 2,3 juta poundsterling dalam '£1, £5 dan £10 notes', yang setara dengan 40 juta poundsterling (74 juta dollar) sekarang.

Meski tanpa senjata api yang digunakan dalam perampokan, masinis Jack Mills, dipukul di bagian kepala dengan pipa besi. 13 dari anggota kelompok ditangkap setelah polisi menemukan sidik jari di kediaman mereka di Leatherslade Farm, dekat Oakley, Buckinghamshire. Ronnie Biggs kabur dari penjara, dan tinggal di melbourne Australia, dan kemudian pindah ke Rio Dejaneiro. Charlie Wilson kabur dan tinggal di luar Montreal, Canada di Rigaud Mountain. Hanya karena istri dari Wilson yang membuat kesalahan dengan menelpon orang tuanya di Inggris yang menyebabkan dia bisa terlacak.

7. Kent Securitas Depot (2006): USD$ 92.5 Juta


Perampokan Depot sekuritas adalah sebuah perampokan yang terjadi di saat pagi tanggal 22 februari 2006, tepatnya antara 01:00 dan 02:15 di Inggris. Setidaknya 6 orang menahan dan mengancam keluarga dari si manager, dan mengikat 14 staff, serta mencuri 53 juta poundsterling di Securitas Cash Management Ltd depot di Vale Road, Tonbridge, Kent.

Para pelaku, Emir Hysenaj dihukum 20 tahun penjara, Stuart Royle, Lea Rusha, Jetmir Bucpapa dan Roger Coutts dihukum 15 tahun penjara.